Monday, May 14, 2007

Starting All Over Again...

Phew, finally!!!
Welcome to my new blog!

Akhirnya saya kembali ke dunia blog lagi setelah sekian lama hiatus (hampir 9 bulan! -kayak mau melahirkan aja, hehe). Sempat pula saya pindah-pindah blog provider dan terkungkung dalam dilema yang nggak ada habisnya (duh, bahasanya....) antara provider yang satu dengan provider yang lainnya. Ketika sudah mantap memilih provider, saya kembali dilanda kebingungan mengenai nama blog yang cocok. Nama blog yang lama saya anggap udah nggak sesuai dengan tahap perkembangan yang sedang saya jalani (menurut lo?). Yah maunya sih udah berada di masa young adulthood. Tapi nggak tahu deh, apa saya udah pantas disebut sebagai young adult, mengingat sifat dan tingkah laku saya belum dapat dilepaskan dari ciri-ciri orang yang berada dalam tahap adolescent (apa lagi nih?)
Baiklah, saya akan menceritakan sedikit kisah blogging saya.

2001
Ketika itu, saya sedang gemar-gemarnya membaca majalah remaja (Gadis). Dalam salah satu rubriknya yang membahas dunia internet, disebutkan sebuah website online diary yang tampilannya sangat girly (www.diaryland.com). Saya akhirnya tertarik dan membuat account di website tersebut. Namun, dasar malas, saya jarang banget posting di account saya. Kalau nggak salah sih cuma setahun 2 kali, itu juga isinya tentang putus dengan pacar pertama saya, haha.... Selain itu, biaya internet yang waktu itu nggak affordable membuat saya jarang update diary saya. Saya akhirnya berhenti menggunakannya pada tahun 2003.

2004

Setelah itu, saya mulai penasaran sama yang namanya blog. Kembali lagi gara-gara membaca rubrik di majalah Gadis itu. Namun, penjelasan di majalah Gadis tentang blog waktu itu kurang komprehensif, jadi saya belum buat-buat blog juga. Suatu ketika, teman saya (Devi) membuat blog terlebih dahulu. Dia kemudian meng-encourage saya untuk membuat blog di Blogspot.com. Saya waktu itu belum tergerak untuk membuat blog sampai akhirnya melihat blog salah seorang senior saya di kampus lama (di mana saya hanya mengikuti orientasi mahasiswanya saja selama 3 hari). Postingnya waktu itu banyak bercerita tentang kehidupan kampus tersebut. Saya akhirnya tertarik untuk membuat blog. Kemudian, saya mendaftar di Blogspot.com. Posting blog saya waktu itu kebanyakan berisi tentang kehidupan kampus yang saya jalani. Saya juga nggak rajin-rajin amat dalam memposting. Apalagi waktu itu saya masih berstatus sebagai mahasiswa baru, yang sedang berada dalam masa orientasi kira-kira sebulan (di kampus saya sekarang). Tapi lumayan lah... at least nggak setahun 2 kali, hehe. Tiap bulan pasti ada postingan baru.

Waktu itu sedang jaman-jamannya AFI (Akademi Fantasi Indosiar). Otomatis saya juga rajin membuka website Indosiar. Saat itu, Indosiar.com menambahkan fasilitas blog di websitenya. Saya akhirnya membuat account di sana. Namun saya kecewa, feature-nya nggak memadai. Saya akhirnya tidak menggunakannya sampai-sampai account saya mati, hehe.

2005
Suatu ketika, blog saya dibaca oleh seorang kenalan. FYI, dia adalah senior saya yang sekarang bekerja sebagai asisten dosen di kampus. Saya kaget banget, soalnya banyak keluhan terhadap kampus yang saya tulis di situ. Ditambah lagi, waktu itu (sepertinya) dia sedang PDKT ke saya dan saya nggak suka caranya PDKT. Saya sempat takut banget sama dia... Akhirnya, dengan bodohnya saya hapus blog saya walaupun domainnya masih saya biarkan (tindakan yang masih saya sesali sampai saat ini...). Kemudian, saya mendapat link blog teman-teman SMA saya di Livejournal.com. Salah satu teman di kampus saya juga mempunyai account di sana. Saya kemudian tertarik untuk membuat account di website tersebut, soalnya saya bisa nambahin feature "song of the day" dan "mood of the day" (emoticonnya lucu-lucu), hehe. Saya juga membuat account di Multiply.com, meskipun tidak pernah saya gunakan untuk blogging.

Friendster pada tahun ini mulai mewabah di Indonesia. Kemudian, Friendster menambahkan fasilitas baru, yaitu blog. Sebagai Friendster addict, saya kemudian membuat blog. Namun lagi-lagi saya kecewa. Feature blog di Friendster (untuk account yang basic alias gratisan) sangat nggak memadai. Templatenya terbatas, nggak bisa nambahin shoutbox dan segala macamnya. Akhirnya, blog di Friendster saya hapus. Toh cuma ada 1 posting, hehe. Kemudian, saya kembali nge-blog di Livejournal.com

2006

Saya juga tidak terlalu sering posting di Livejournal.com. Kalau lagi mood aja, hehe. Bisa sebulan nggak ada posting sama sekali. Bisa juga dalam sebulan saya menulis 4-5 kali. Sampai akhirnya, saya mengalami dilema. Menurut saya, blog di Livejournal.com kurang bisa di-customize (ditambahin shoutbox, jam, counter, dll.). Udah gitu, templatenya gitu-gitu aja. Saya kemudian berpikir untuk menggunakan Blogspot kembali. Namun, saya tetap posting sekali di Livejournal sampai bulan Juli (sesudah study tour ke Serang). Itu juga isinya curhatan mengenai kemarahan saya pada salah seorang teman (nggak penting banget...). Sewaktu semester 5, saya tidak posting di blog sama sekali, soalnya tugas-tugasnya yang sangat menyita waktu, tenaga, dan perhatian saya (huaaaa, jadi keinget masa-masa "kutukan" tersebut...). Akhirnya, saya memutuskan untuk hiatus dulu. Saya hanya jadi seorang blogwalker, hehe.

2007

Selama jadi blogwalker, saya menemukan blog-blog yang bagus. Sampai saat ini, saya rajin membaca blog-blog tersebut (yang sesuai dengan minat saya, tentunya). Bahkan, saya udah sempat bertemu langsung dengan 2 orang yang blog-nya sering saya baca. Ternyata menyenangkan yah menjalin pertemanan di dunia blog (apalagi sampai bertemu di dunia nyata). Pada awal tahun, saya sempat membuat account di Vox.com. Featurenya lumayan, tapi nggak bisa ditambah-tambahin counter, shoutbox, dll. Udah gitu, kalau orang lain mau ngasih komentar, mereka harus menjadi member Vox dulu. Tapi, satu poin plus di Vox.com ialah templatenya yang banyak dan bagus-bagus! Tetap aja, saya males posting di sana walaupun accountnya belum saya matikan.

Setelah beberapa lama (dan udah dicerewetin Devi untuk update blog lagi), saya akhirnya kembali ke Blogspot.com dengan domain lama saya. Tapi, ya itu tadi, saya kembali mengalami dilema. Domain blog yang saya miliki saat itu kok rasanya terlalu ABG ya? Udah gitu, saya tetap aja jarang posting. Kalau nggak salah sih cuma ada 4 posting di blog tersebut. Akhirnya, beberapa hari yang lalu, saya membuat domain baru di Blogspot. Mudah-mudahan, domain ini cocok buat saya dan nggak terkesan terlalu ABG haha. Tapi 2 blog lama saya (di Blogspot dan Livejournal) nggak saya hapus, masih banyak postingan-postingan lama.

Akhirnya... selesai juga posting saya. Capek juga ngetiknya, hehe. Anyway, enjoy reading my blog!

p.s.: doakan yah biar saya rajin posting blog ini, jadi blognya nggak garing-garing amat =P

3 comments:

Devi Girsang, MD said...

Ok deh nek! :p

Bahasanya agak resmi ya? hahaha biasa lo-gw ajee bwahahaha!

Welcome back to blogosphere, baby!

Putri said...

hahaha.. baguslah.. sekarang kita bisa saling mengunjungi :)

Winda said...

@ Devi: biarin! Next time gw pake bahasa Inggris deh... Lagipula klo bhs Inggris kan ga ada lo-gw, adanya saya-kamu. Hahaha, nggak nyambung ya?

@ chika:
Makasi kunjungannya ya! =) Hehe, iya nih!